Selasa, 27 September 2011

Setengah Perjalanan

Kehamilanku sekarang sudah memasuki minggu ke 20. Kehamilan pada trimester 2 ini paling enak untuk melakukan aktifitas, terutama makan, minum dan sudah tidak takut lagi untuk berpergian atau jalan-jalan. 

Ada apa aja di trimester 2 ini :

1.
Ditiupkannya Ruh
Lebaran bulan kemarin genap 4 bulan, usia 16 minggu diadakan acara 4bulanan, Di Islam disebut kehamilan 4 bulan bayi sudah di tiupkan Ruh.

2.
Baby Kicks
Pertama kali merasakan gerakan usia 14 minggu kehamilan. Rasanya seperti kedutan atau ada sesuatu yang menggelinding seperti bola "Blup.. " di area perut atau biasa disebut Wickening. Mungkin sensitifitas ku tinggi, jadi sudah bisa merasakan gerakan pada usia itu. Justru sekarang semakin kerasa sekali gerakan di perut, apalagi bila tanganku ditempelin diperut, tendangan kecil tangan ataupun kaki dedek kerasa sekali lucu juga dan ajaib. USG terkahir sudah mengetahui dimana kepala dan dimana kaki, jadi kepala di perut sebelah kanan, dan kaki di perut bagian kiri, jadi tendangan-tendangan kecil itu masih antara perut sebelah kanan dan kiri, meski belum keliatan tonjolan tangan, siku, atau kaki..

3. 
Ngobrol
Janin usia trimester ini sudah bisa mendengar dan mengenal suara bundanya loh. Sering aku ajak ngobrol dedek dan dia mengerti aktip "usreg" atau bergerak dan pasti aku membayangkan dia sedang apa didalam hehehe..Apalagi bila suami ajak ngobrol, atau dengar suara ramai pas dikantor atau dikeramaian, pasti dedek bergerak didalam perut. Nah itu yang membuat sensasi geli,

4.
Posisi tidur yang terbatas
Pada awal trimester 1 posisi tidur masih bisa guling sana-sini, nah sekarang harus dengn selingan miring ke kanan atau ke kiri. Berdasarkan info dokter dan googling, ibu hamil lebih baik tidur miring ke kiri, posisi ini baik untuk bayi supaya mendapat aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta dan membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh kita, sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan.

5. 
Lapar
Awal trimester 1 makan aja rasanya ogah-ogahan, sekarang bisa bebas makan sepuasnya dengan lahap dan lapar every time, apa lagi aku sering makan cokelat, ice cream meski enggak terlalu sering makan coklat bisa .membuat berat badan cepet naik loh.

6. 
Jenis Kelamin
Terakhir ke dokter kemarin katanya jenis kelamin dedek laki-laki hehehe... Alhamdulilah kalau benar adanya, harapan kami anak pertama memang laki-laki, semangat banget!!... Semoga tidak ada kesalahan pada hasil USG kemarin. Alhamdulilah semua sehat. Amin

7. 
Skin Condition
Nah wajahku sudah berkurang jerawatnya, bisanya di kening tuh muncul jerawat kecil-kecil, pada trimester 2 ini sudah berkurang, ooh senangnya.. dan bersyukur juga, kulit perutku sudah kembali halus, tidak kering dan kasar lagi, juga tidak ber-strechmark loh :)

Perkembangan janin hasil USG terakhir Alhamdulilah sehat, dan due date, HPL nya masih tetap sama tidak ada perubahan.. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai berat badan naik terlalu tinggi, ada temanku baru 4 bulan sudah naik 8-9kg, padahal aku aja baru naik 3,5-4 kg sejak awal kehamilan.

Well, sekian update kehamilan awal trimester 2 ini..  :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar