Jumat, 09 September 2011

USG ke 1

Selasa bulan Juni kemarin awal pertama kali aku ada jadwal bertemu dengan dokter  Detty SPOG di RS Happyland,  Akhirnya pindah ke RS mencari Obgyn baru. Dengan alasan mencari tempat kontrol kandungan yang dekat dengan rumah. Waktu itu usia 6 minggu. 


Hasil garis dua tes pack itu meyakinkanku  dengan hasil USG sudah kebentuk kantong kehamilan.  Obgyn berkata: 


“ Nah tuh udah keliatan, ini namanya kantung kehamilan, janinnya belum Nampak ya.. dua minggu lagi kontrol untuk melihat janin”




“Alhamdulilah… berarti sekarang beneran hamil ya dok?”


“Iya, Selamat ya… sudah 6 minggu” 


Obgyn memberiku obat:
Premaston dan Vomilat  

Apa yang aku rasakan tahap ini badan pegal linu, perut mulas, lemas, meriang, mual  hilang terbayar sudah setelah melihat hasil USG itu. untuk awal bulan ini aku tidak merasakan begitu parah mual dan muntah.

Dr. Detty waktu itu tidak memberikan print out foto, aku juga tidak meminta saking bahagianya,justru  aku mengambil foto sendiri dengan kamera HP dan tidak dikenakan charge heheheheh….

Tak bisa aku bayangkan, padahal seminggu sebelumnya  aku sempat melakukan beberapa gerakan kyokushin  karate seperti pelemasan : split, sikap rolling angkat punggung pasangan mencium lutut, dan pelurusan kaki di bahu pasangan.

Alhamdulilah kondisi aku dan janin baik dan sehat. Tak sabar lagi menunggu jadwal kedua untuk kontrol. Sangat antusias tapi perjalanan semakin berat. Tapi aku menikmatinya :).


Berikut adalah beberapa perubahan yang terjadi pada aku selama trimester 1 :


1.
Lapar dan ingin terus mengunyah.
Aku menghindari makanan instan dan mengandung MSG, seperti Mie Instant, makanan berkaleng atau olahan, minuman bersoda, daging atau telur yang dimasak setengah matang. Bulan 1-2 aku tidak begitu merasakan mual, jadi makanan apapun masuk, selalu sarapan, ngemil teuteeep gak bisa berhenti.
Pada bulan ke-3 justru kebalikannya, aku merasa nafsu makan sedikit turun, tetapi aku menyiasati dengan makan dalam porsi kecil tapi sering, selang 4 jam dan tidak minum saat sedang makan, minumnya sebelum dan sesudah. Camilan tetap tersedia dengan segala camilan krackers, kacang, kue kering, buah-buahan sampai apapun yang bisa dimakan harus tersedia dirumah, didalam tas, dimeja kerja  sekalipun.

    2.
    Drama kulit.
Kulitku cenderung normal, namun semenjak hamil berubah menjadi sangat kering, kusam, mengelupas  halus terutama di area perut, bahkan diwajah justru muncul banyak jerawat kecil2 di kening dan pelipis, untungnya didaerah pipi tidak muncul jerawat. Solusi : untuk wajah aku membiarkannya hanya menggunakan facial foam scrub tanpa obat jerawat pun sudah hilang dan kering sendiri, untuk bagian perut aku olesi minyak zaitun, kadang baby oil, dan sekarang aku pakai baby cream.

    3.
    Mual dan Pusing.
Mual pertanda janin sehat, ini hal biasa, tapi sulit bagi aku apa lagi disertai pusing. Solusi : menghindari keramaian, menghindari bau tidak sedap, atau wewangian tidak memakai parfum, tidak boleh dalam kondisi lapar atau kekenyangan ini akan memicu timbulnya rasa mual. Selalu sedia masker.


4.
Muntah.
Biasanya ini yang paling tidak mengenakkan. Sebaiknya muntah jangan ditahan, justru semakin kuat rasanya,  campur aduk, membuat perut, tenggorokan terasa tidak nyaman. Aku biasanya muntah habis sikat gigi dikamar mandi, bau atau makan makanan yang berbumbu tajam,Mencium aroma tidak sedap atau sangat harum, atau justru karena sesuatu yang tidak aku sukai tanpa ada alasan tertentu ahahahha…
Solusi : menghindari ke kamar mandi apalagi sikat gigi setelah makan, jangan makan/ minum terlalu kenyang, perbanyak makan buah dan jus buah yang segar, sedia kantong plastik, tissue bila sewaktu ada perasaan muntah di jalan, diruangan yang ramai dan jauh dari toilet.

5.
Mood naik turun / Mood swing.
Ini semacam rollercoaster ride, percayalah hormon hamil itu membuat aku lebih emosi, sensitif, ini dikarenakan hormon progesteron meningkat. Solusi : Jaga perasaan ibu hamil baik-baik, hehehe….

6. 
    Celana tidak ada yang muat.
Solusi : Membeli celana berkantung dan tarikan karet, berhubung aku masih kerja kantoran jadi beli yang celana kain resmi formal dan untuk berpergian, menambah koleksi legging untuk lebih amannya.

7.
Perut mulas, Pinggang dan badan pegal, 3L ( lemas, letih, lesu).
Perut mulas seperti gejala PMS, ini pertanda ada pelebaran pada rahim, sehingga otot-otot bekerja lebih.  Solusi : melakukan gerakan olahraga ringan, istirahat cukup.

     8.
     Beser an.
Dikarenakan rahim membesar dan menekan kandung kemih hasrat untuk selalu buang air kecil meningkat, disini bisa lebih dari 10 kali bolak balik ke kamar mandi. Solusi : Bila mau pipis jangan ditahan, bisa berakibat terkena ISK (Infeksi Saluran Kencing), tetap perbanyak minum air putih, jangan dikurangi porsi min 8L perhari.

     9. 
     Sulit Tidur.
Sulit tidur karena merasa tidak nyaman disaat tidur terlentang, sering mengalami mimpi-mimpi absurd. Hal ini semuanya wajar saat hamil.
Solusi : Tidur miring ke kiri atau kekanan dengan kaki memeluk  guling, bila sudah trisem 3 dianjurkan untuk tidur miring ke kiri supaya bayi dan ibu bisa nyaman.


Sekian pengalaman hamil muda aku, memang tidaklah mudah menjalaninya, tapi itu perjuangan jadi ibu, yang akan terbayar bahagianya kelak. Seperti pepatah antara hidup dan mati rasanya. 

Gudluck untuk semua para ibu muda yang menjalani trimester pertamanya, jaga kondisi dan kandungan anda, justru bulan ini yang paling berat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar