Kamis, 26 Juli 2012

Welcoming Ryu..!! Ryu 1 Month

Pemberian nama buah hatiku akhirnya kami beri nama:

Nama    : BAGAS RYU WIBOWO (RYU)
Lahir   : 14 Februari 2013
Panjang : 50 cm
Berat   : 3 Kg
Shio    : Naga

Bagas dari bahasa Jawa yang berarti Tegap, kuat, Ryu dari bahasa Jepang berarti Naga, bisa juga berarti jalan, dalam bahasa Cina Ryu berarti mendidik, kami suka nama Ryu nama yang bagus dan setahu kami jarang terdengar, juga terinspirasi dari tokoh manga Saint Seiya, Shaman King, Street Fighter, dan Ninja Geiden. Wibowo diambil dari nama ayahnya, Wibowo nama jawa yang berarti wibawa, berkekuatan, ada juga yang mengartikan kebahagiaan, kehormatan.
 
Kami berharap Ryu kelak "Seorang anak yang cakap, sehat, pandai mendidik, kuat seperti naga dan berwibawa".
Amiiiiiin.. Ya Rabbal Alamin.


Seminggu setelah pulang dari RS, tiba-tiba Ryu badannya menguning, hiks sedih juga plus panik, tanda-tandanya waktu itu :
  1. Susah minum Asi, sampai bengkak karena enggak diminum
  2. Tidurnya pulas banget
  3. Pipisnya kuning
  4. Pojok bola matanya sedikit menguning
  5. Juga nafasnya grok-grok, kalau tidur seperti mendengkur



Nah akan tetapi dia aktif bergerak, enggak pernah rewel, badan suhu normal.

Disaranin konsul ke DSA, padahal sudah lebih dari 2 minggu Ryu masih kuning. Tiap hari sudah dijemur sampai gosong badannya, mungkin waktu itu terlalu lama dijemur dan sudah lewat jam antara 07.00-09.00 Wib.

DSA ku bilang Ryu normal, bilirubin (<10), jari kaki tangan masih merah sewaktu ditekan, tandanya anak masih normal. Hal itu dikarenakan kekurangan minum ASI (Breastmilk), juga ibunya harus minum air putih/cairan yang banyak. Syukurlah jadi tenang akunya. Memang waktu itu Ryu harus rajin dijemur, dan minum banyak. Ryu aku paksain per 2 jam untuk minum ASI, susaah banget bangunin dia kalau sudah bobok pules banget.
Untuk soal nafasnya gerok atau mendengkur kala tidur, karena waktu itu Ryu sempat menelan air ketuban, dan tidak bersih sewaktu divakum. istilah medis paru-paru bayi masih belum sempurna, jadi wajar gak perlu panik juga.


Nah ini kenapa bayi bisa menguning :
  1. Pada saat dalam rahim bayi membutuhkan ekstra darah merah yang diproses dalam hati
  2. Hati bayi yang baru lahir belum matang/maturasi, sehingga terjadi peningkatan bilirubin, bayi menguning
  3. Kuning bayi biasanya pada hari ke-4
  4. Berakhir di usia 2 minggu
Perlu diketahui pemberian Asi ekslusive, kuning pada bayi akan berlangsung lebih lama, meski demikian para bunda jangan cemas yah, tetap berikan Asi obat mujarab bagi bayi kita.

Happy BF ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar