Selasa, 14 Agustus 2012

Ryu Lulus SI ASIX dan H-2 MPASI

Weew senangnyaaa... today Baby Ryu udah genap 6 bulan, lulus S1 ASIX, begitu Ryu bangun tadi pagi, langsung deh aku ciumin habis-habisan, disusul suami mencium pipi mungil sampai dia geli hihihii....sambil ucapin selamat ya nak, kamu lulus S1 ASIX, enggak sia-sia bunda berjuang beri ASI Ekslusive, kamunya sehat, gendut, dan tambah pinter. Itu tandanya Ryu sudah mulai MPASI, dan merasakan makanan solid. Yaaayy.....




Jujur aku terharu banget, secara aku working mom, dengan membawa peralatan perang breastpump, botol ASIP dan Cooler bag. oh ya buat para bunda bisa juga beli di online shop aku  Lenydewi.com perjuangan selama 6 bulan penuh memberikan Ryu minuman terbaik yang tiada terkira, anugerah dari Tuhan, yaitu ASI.  Oh ya terimakasih juga buat @Aimi_Asi dan @ID_AyahAsi rajin ngikuti Timeline mereka dan baca websitenya.

Sayangnya, aku harus menunda MPASI perdana Ryu, 2 hari, sekalian libur lebaran 1433 H, besok tanggal 16 Agustus 2012. Semalam buat jadwal MPASI Ryu, dari sekian contoh menu, baik dari milist, chating, bbm teman, browsing internet semua bervariasi, Pusiiing saiyaah. Hahaha.. sebenarnya mudah sih tinggal pakai ruler dari mana, kalau aku akan mencoba mulai dari Buah-serealia-sayuran... gak sabar pengen nyobain aneka menu yummy buat Ryu.

Banyak peraturan antara lain :

  1. Peraturan 3-4 hari untuk mengetahui alergi.Jadi untuk mengetahui anak alergi pada makanan harus diberikan menu yang sama selama 3-4 hari. Apabila tidak ada reaksi alergi bisa lanjut, dan aman untuk compare dengan menu lain untuk hari berikutnya setiap bulan.
  2. Tahapan pemberian makanan, mulai dari teksture solid, pure dan kasar. baik mulai dari menu serealia-sayuran-buah, atau combine. Aku mungkin akan mencoba mulai dari buah - serealia - sayuran, karena gampang sih hihihi... menyiasati persiapan mudik yang simpel, jadi enggak bawa banyak peralatan perang.
  3. Jenis makanan yang boleh diberikan untuk bayi sesuai usia, untuk mencukupi kebutuhan gizi, bisa dicontek disini wholesomebabyfood. Jadi kita bisa tahu jenis sayuran, karbohidrat dan sayuran yang akan dikonsumsi 6 bulan. Pada dasarnya 6 bulan belum diperkenalkan menu protein hewani.
  4. Jangan berikan bayi dibawah 1 tahun gula, garam dan madu.

Nah untuk batas toleransi alergi aku menyusun 3 hari saja, semoga Ryu tidak ada alergi apa-apa Amin. Pengen juga untuk metode BLW (baby led weaning) berhubung aku WM, jadi pas weekend aja, supaya kami bisa memantau Ryu.

Soo... wait and see... semoga Ryu makannya lahap. \*_*/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar