Jumat, 26 April 2013

Potty Training

Potty Training sedini mungkin alias suatu usaha untuk melatih anak agar mampu mengontrol pipis, pup teratur ditempat yang benar, alias di toilet, enggak ngompol di kasur, di pangkuan, digendongan, dilantai pas main, everywhere lah.... Duuh beribet ya artiin nya.....

Ryu sudah berhasil potty training sejak usia 4 bulan. dari lahir enggak pernah aku kasih diapers, jadi ya selama itu tetep bergadang tengah malam pegang popok, celana, kain bedong, alas ompol, ngelepas, nyebokin dan gantiin popok, celana, alas ompol,plus kain bedong alhasil cucian bisa segambreng. Daaan habisin stok kapas bulet buat bersihin.

Kalau dari pengalaman aku ini tips nya :
  1. Siang hari di hitung aja intensitas pipis atau kebiasaan pup, nanti dicatur (Kepala, badan Ryu di topang dipangku kemudian kaki dibuka ditopang tangan badan lebih tinggi daripada topangan kaki, supaya bisa mudah mengejan pup atau pipis), Hemat cucian loh moom. kalau masih baby pagi siang rapel tuh pipisnya, kalau malam justru jarang banget ini untuk usia after 3 bulan. 
  2. Perhatiin raut wajah si kecil, kenalin apakah itu tanda mau pee or pup.
  3. Setiap habis pup atau pipis sekalipun tetep harus dibersihin dengan air bersih ya mom, alat vital itu perlu dijaga buat aset masa depan si anak kelak hehe... 
  4. Pipisin dulu sebelum bobok.
  5. Diapers dan clody baru dipakai pas bobok pagi, bobok siang enggak pakai, bobok malam pakai juga setelah usia 3 bulan, dan pergi2 pastilah ya dipakaiin. 


Sekarang Ryu sudah 14 bulan. 
  1. Dia cuma pakai diapers kalau pergi-pergi dan bobok pagi sebelum aku berangkat ke kantor, Ryu pasti nenen dulu dan bobok pagi. Begitu bangun lepas deh diapersnya bisa berat 3 kg hihi.. Selama bangun, main, dia sudah bisa kasih kode kalau mau pipis atau pup teriak gini "eeeehh..eeeh..." sambil narik celana jalan ke toilet, tapi karena masih bayi jadi takut kenapa-kenapa masih harus didampingi ya mom. 
  2. Sebelum bobok tetep dipipisin dulu. 
  3. Kalau bobok malam, pasti bangun tengah malam, ngrengek, nah itu mesti cepet lepas celana aku gendong ke toilet, catur, cebok guyur air dingin byuuur.... hihii Ryu kadang kaget sih teriak ngrengek gitu, Kasihan ngantuk-ngantuk padahal, emaknya tega ya haha... . Eits, tapi itu dbuat pembelajaran Ryu kelak dewasa enggak ketergantungan dengan air hangat. Setelah itu minum air putih, nenen dan bobok lagi deh sampai pagi. 
  4. Bangun pagi begitu bangun Ryu turun dari kasur minta dipipisin.

Nah sering juga sih kelolosan karena kami enggak ngeh, atau tidak membaca raut wajah Ryu, dia ngompol dilantai dan teriak "meeeeemeee.....ya ya aayyyaa,,," se-keluarnya kata-kata kasih tau kalau  Ryu ngompol hihii.... kadaaaang juga pipisnya dimainin ditepok-tepok pakai tangan, kadang juga kalau pas berdiri di kecipak-kecipakin pakai kakinya, * [_,_] hadeehh... jadinya pipisnya bisa nyiprat kemana-mana.


Namanya juga lagi potty training ya mom.. pastilah masih belajar. Nah sekarang sudah bye-bye kapas bulet buat bersihin setelah pipis atau pup, langsung cebok guyur air dingin bbrrrhh.... . Semoga usia 18 bulan Ryu sudah lancar bicara kalau dia mau pipis or pup, dan jadi potty trained. 

Yay... jadi anak yang cerdas dan pintar ya Nak...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar