Kamis, 17 Juli 2014

Selektif Memilih Sekolah Toddler



Selektif memilih sekolah anak pertama

Well kebanyakan orang tua pastilah ingin pendidikan anak yang terbaik. Karena pendidikan, kebiasaan pola berpikir otak dalam menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri terbaik dimulai dari usia dini.  Dimana otak anak usia dini masih seperti spoon, kapas, murni No Filter, jadi sebisa mungkin pengembangan Agama, Akhlak, perilaku sopan santun, sudah diajarkan di usia dini. Mau semahalpun sekolah itu asal dengan akreditasi mutu yang bagus, berkualitas pastilah akan diusahakan orang tua supaya si anak bisa bersekolah disana. Tapi bagaimana dengan kondisi yang tidak bisa memenuhi biaya sekolah dengan mutu terbaik pastilah ada harga ada kwalitas. Seperti halnya kondisi saya ini ingin menyekolahkan Ryu usia 2 tahun 5 bulan, sudah survey ke beberapa sekolahan playgroup di daerah Yogyakarta awalnya aku berkeinginan menyekolahkan Ryu ke Montessori school. Montessori adalah metode mengajar non tutorial yang akan memudahkan anak untuk menyerap informasi.  Pendidikan yang tidak harus saklek pada kurikulum akademis,  jadi lebih di imbangi dengan aktifitas fisik, ketrampilan dan penggunaan peralatan otodidak untuk memperkenalkan berbagai konsep. Sedangkan di Yogyakarta hanya ada di Bambini Jl. AM Sangaji lumayan jauh sekali jarak dari rumah, sedikit aku tahan keinginan menyekolahkan di Montessori school tadi, akhirnya aku mencari  yang lebih dekat dari rumah, khususnya daerah Bantul dan masuk kelas regular seminggu hanya 3x saja, karena kami tinggal diBantul, diantaranya  :

Pelangi anak negeri di daerah Jl. Nitikan
Budi Mulia 2 Jl. Taman siswa
TK & Playgroup Primagama Jl. Nitikan
TK & Playgroup Primagama Jl. Balong Banguntapan
Bina Anak Sholeh (BIAS) Jl. Giwangan
KB & TK Islam Al Azhar 38 Jl. Pemuda
Education and Children Care Bunda Aminah Jl. Gajah
KB & Playgroup islam Muadz bin jabal 2 Jl. Ketandan


Dari ke 8 sekolahan yang aku survey tingkatan biaya paling mahal yaitu :

1.       BIAS rate 8 jutaan ke atas
2.       Al-Azhar rate 7 jutaan ke atas
3.       Budi Mulia 2 rate 6.9 jutaan ke atas Tidak menerima PGA, minim PG B usia 3th
4.       Primagama Nitikan rate 6.1 jutaan
5.       Primagama Balong rate 5.3 jutaan
6.       Bunda Aminah rate 4 jutaan
7.       Pelangi anak negeri rate 3.5 jutaan
8.       Muadz bin Jabal rate 3 jutaan
 
Masuk playgroup tahun ini super sekali biayanya bund…. Karena keinginan bersekolah ini adalah dari keinginan Ryu sendiri, sudah dari awal bulan Juli ini 

“ ibuk, ayah iu mau sekoyah.. ( ibuk, ayah Ryu mau sekolah) sambil bawa tas dan naik sepeda hahahaa,,,,,

Akhirnya aku berkeinginan untuk menyekolahkan ke PG Al-Azhar 38 Bantul, Kamis 10 Juli 2014 saya ajak Ryu ke Al-Azhar antusias banget nih toddler, sudah bisa beradaptasi dengan temannya, dan guru toddler PGA, aku menghadap ke bagian informasi, begitu aku lihat rincian administrasi berapa biaya masuknya sudah siap membelalakkan mata mencoba tidak shoock kyaaa…. Busyeet dah baru mau playgroup aja udah semahal ini biayanya, bayangin kalau masuk SD, SMP, SMP, PT butuh berapa rupiah dikumpulin inih naaaak…. (gumanku). Ibu Tik bagian administrasi memberikan jadwal trial hari selasa 15 Juli 2014 hanya satu hari, yaah cuma sehari, tapi enggak masalah kok.

Terus diajak melihat kelas, ruangan dan masuklah di ruang belajar playgroup, dengan banyak permainan dan cozy room to play and learn nah Ryu udah enjoy banget, sampai aku ajak pulang nangis kejer enggak mau pulang hiks, mana mau membawa mainan mobil traktor, harus di bujuk dengan bilang 

“Nak itu mobilnya dikasih bu guru ya, dicuci dulu biar bersih terus dijemur supaya kering” 

Ryu menyerahkan mobil traktor mainan ke bu guru, Ryu melihat mobil di guyur dengan air kran, kemudian sewaktu mau dijemur nangiis lagi deh, bu guru bilang 

“kakak Ryu ini mobilnya di cuci, terus biar kering dijemur dulu disini ya.. besok selasa buat mainan kakak Ryu sudah bersih, oke”

Ryu masih sedikit menangis dan mau pulang sambil berucap  

“ayaikum” Assalamualaikum… "

Fiiuuh akhirnya karena sekolahannya green campus bener teduh, rimbun,luas dan bersih pula.  Dan kamipun pulang, mana dijalan Ryu ngrengek, dan rewel sampai sore mau sekolah 

“ iu mau sekoyah ibuuuk…” Ryu mau sekolah ibuk. 
"Iya nak, besok selasa ya sekolah, bangun pagi supaya enggak terlambat, ya."
"iya ibuuuuk"

Selasa, 15 Juli 2014 enggak seperti hari biasanya Ryu mau dibangunin pagi, jam 6.30wib, Ryu bangun sambil bilang  

“ibuk ayok  andi, ikat gigi mana,?” ibuk ayo mandi, sikat gigi mana?

Setelah rapi berpakaian, tidak mau pakai kaos kaki, mau langsung pakai sepatu dan nyletuuk 

ayooh ayooh ayooh ibuk aik mobil, ayook sekoyah, ayoook ibuuuuk”  

hihiiiiii… geli campur seneng banget  ibumu ini nak, kamu sudah bukan anak bayi lagi, tapi seperti kata ibu kamu adalah My little boy until you  mature. Kiss kiss kiss and hug…

Sesampai di sekolah Al-Azhar 38 Bantul, Ryu langsung yang dituju adalah ke play ground prosotan.., aku menemuin bagian administrasi karena hari pertama trial. Dan Ryu pun diajak masuk ke kelas. Ryu sudah bisa menyesuaikan, disuruh melepas sendiri sepatunya, dan ditaruh ke rak sepatu, baru masuk ke kelas, untuk perkenalan, menghafal surat pendek, dan doa-doa, kemudian pengarahan karena jadwal hari Selasa itu kunjungan ke kantor pos  lokasinya hanya 300 meter dari sekolahan, mengendarai mobil mulai anak didik playgroup dan TK, selama disana diberi pengarahan belajar mengirim surat oleh salah satu petugas kantor pos, mulai perkenalan jenis amplop surat, kartu pos, prangko, melekatkan prangko, stempel surat sampai proses delivery memasukkan surat ke kotak surat.
Kurang lebih 1 jam rombongan anak-anak kembali ke sekolahan, masuk kelas berdoa  kemudian pulang. Well Ryu sudah enjoy banget, dan kamu ganteng e nak.. sudah mirip usia 3 tahun keatas, padahal yang playgroup A se usia Ryu baru ada 2 toddler, tambah Ryu jadi 3 toddler cowok semua, namanya Kak Juna dan Kak Fano.

Karena Ryu masih enjoy di Al Azhar 38 dia pun makan sendiri sambil di ayunan dan habis. Maklum karena belum sarapan jadinya kelaparan nih bocah hihi..

Kami pun tidak langsung pulang, langsung menuju ke Primagama Balong kalau disana system gedungnya tidak seperti sekolah pada umumnya, tapi hampir mirip rumah yang di setting seperti sekolahan dan full AC, playroomnya ada trampoline, prosotan, dan tidak selengkap di Al Azhar 38, play groundnya hanya prosotan dan jungkat jungkit, tidak ada pohon yang rindang. Ryu di beri trial 3x sesuai program regular masuk jam 7.30-10.00 Wib 3x seminggu. Lumayanlah ya trial dulu selama bulan puasa, toh akan banyak libur lebaran nanggung juga.  Oke rencana Rabu, Kamis, Jumat Trial. Toh sekolahan ini lumayan deket dari rumah.

Rabu, 16 Juli 2014 apa yang terjadi… Ryu tidur pulaas tidak seantusias trial di Al-Azhar 38. Meski sudah dibangunin berbagai cara teteep tidak bergeming. Hiks… batal deh enggak jadi Trial hari pertama di Primagama.

Kamis, 17 Juli 2014 Ryu ikut bangun pas sahur, dan nonton kartun sambil mainan enggak mau tidur lagi, waah padahal hari ini mau trial PG, kalau ngantuk rewel mesti. Sudah selesai mandi pakai baju dan sudah rapi tapi sambil nangis. Aku tinggal ganti baju dikamar sebelah, lah kok diam gak ada suara rengekan, dalam keadaan tengkurep Ryu sudah bobok dengan pulasnya kwaaaaaaawaaaaaaaaaaawaaaaa…. Mana semua sudah lengkap bekal siap dibawa, mobil masih nyala dipanasin, mana dari kemarin macet enggak bisa distater. Ampuun deh hari ke 2 Trial batal juga, nah besok Jumat harus berangkat, yang 2 hari diganti minggu depan.  Mana hari ini lagi mood swing, jadinya enggak pergi prospek. Aku alihkan untuk mengupdate blog ini.

Setelah aku pertimbangkan Al Azhar 38 bantul biaya lumayan sangat mahal, dan rutenya pun lumayan jauh juga sih, harus keselatan belum daftar juga. Sedangkan di Primagama balong belum pernah Trial dan jaraknya lumayanlah dekat dengan rumah. Pilihan terakhir di paud alam di kampung rumah, biayanya murah meriah, karena program pemerintah belum survey juga sih akunya, tp masih belum tertarik kesana. kalau kepepet mungkin bisa juga X_X. Bulan Agustus baru bisa aku putuskan untuk menyekolahkan Ryu dimana.

Ternyata tingkah polah toddler itu menggemaskan, geli, lucu, dan kadang membuat kesal hohohooho….

Ibu tau Ryu anak cerdas, lincah, atraktif, kelak sekolah yang cerdas, pintar dan berakhlak ya nak... love you so much my Boy :*


Tunggu cerita selanjutnya ya. byeee….                       

2 komentar:

  1. Sekarang Ryu sekolah dimana..??

    BalasHapus
  2. Toko Grosir Mainan Edukatif - Mainan Peraga PAUD TK PG - Mainan Anak dan Bayi Terbaru - Buku Bantal dan Buku Kain Islami Terlengkap - Aneka Puzzle Kayu Termurah. Produk 100% Aman - Bisa COD. Toko Mainan Grosir sebutik.com: Jl. Gorongan III No. 215 Barat Kampus UPN Veteran Condongcatur Sleman. Cp.085643395684.

    BalasHapus