Selasa, 23 Juli 2013

Ryu aksi GTM



Selamat Hari Anak Nasional juga ya anakku Bagas Ryu Wibowo. Tumbuh dan menjadi anak yang kreatif, cerdas yang membanggakan orang tua *Hug hug..ketcup*

Ryu aksi GTM (Gerakan Tutup Mulut) 

Semula Ryu makan dengan lahap dan super lahap bahkan purutnya elastis, makan, ngemil corn flakes, makan buah, makan puding, makan roti, apa aja stock makanan yang ada dirumah bisa diludes dimakan. Seneng deh pokoknya lihat Ryu makannya lahap, sampai bingung sendiri akunya khawatir kalau kekenyangan kasihan perutnya mbuncit dan keras. 
Nah sekarang, semua itu berbanding terbalik, aku sebagai orang tua sedih melihat perubahan Ryu seperti itu, nafsu makannya berkurang, sudah ada multivitamin yang ada penambah nafsu makan juga tapi masih nihil. *menjerit dalam hati* lebay dikit tapi serius beud.

Begini Critanya Flash back 3 minggu yang lalu:

Sabtu minggu pertama Ryu susah banget disuapin, mulutnya ditutup rapat, aksi geleng kepala dan lari-lari, menari-nari (Ryu suka melihat atau mendengar ada lagu yang energik pasti mengikuti dengan gerakan tubunya, baik kepala diangguk-anggukin, tangan dan kakinya digerakin *Gemesin pokoknya), bermain, pokoknya dialihkan dengan segala aktivitasnya, berhasil makan pun hanya beberapa suap.

Minggu kesempatan berdua dengan Ryu, makan pun masih susah, aku ajak jalan-jalan ke tetangga kampung yang punya empang ikan, melihat ayam, melihat sapi pun hanya 2 suap yang berhasil ditelan, yang lain dia keluarkan dari mulutnya. sediiiiiiiiiiiihh.............. Akhirnya sesampai dirumah aku buka mulutnya sambil sikat gigi, siapa tau ada gigi yang mau tumbuh.  

"Mana yang sakit nak, sini ibu lihat mulutnya, sampai dedek Ryu enggak mau makan, giginya mau tumbuh ya?"
Ryu menjulurkan lidahnya, ternyata Trataaaa.... ada 1 bulat putih merah di ujung lidahnya, SARIWAN!. Thank's God Engkau memberi jawaban kegalauanku, Ryu terkena sariawan, untung hanya satu, langsung aku bbm temen yang punya pengalaman anaknya yang sariawan, dan baca thread. Teman menyarankan untuk diobati biji selasih yang dicampur ke minuman *saran DSA nya, aku langsung beli ke Superindo dan aku buat puding, juga dicampur di air putih. Ryu enggak menolak makan puding dan minum dengan sukarela hehe... satu lagi obat sariawan banyak recomend setiap DSA beda merk. Aku pun memutuskan membeli obat CANDISTIN drops di apotik, Alhamdulilah 3 hari sudah sembuh dan Ryu berhasil makan dengan lahap lagi.

Tapi satu hal yang membuat aku khawatir, Ryu flu, telapak kaki Ryu muncul bintik merah dan seperti melepuh ada cairan. Penyakit virus apa lagi ini >.<... jangan sampai kekhawatiranku terkena Flu singapura benar. Secara anak temanku ada beberapa yang sedang dan sudah menderita flu singapura. Browsing semua info tentang Flu Singapura diantaranya disini dan disini, ada ciri yang tidak ada pada Ryu yaitu PANAS. Fiuuh legaa deh, hampir aku mau pergi ke DSA, tapi aku urungkan niat, dan aku obatin dengan mengolesi telapak kaki Ryu dengan minyak Sanhong sejenis minyak tawon, 3 hari sembuh tanpa pecah. Flu nya hanya meler sehari saja dan besoknya sembuh

Seminggu Ryu beraktivitas seperti biasanya masih lincah, dan mau makan.

Minggu kedua bertemu hari Sabtu lagi, Ryu mulai malas makan GTM beraksi lagi, aku cek mulutnya enggak ada sariawan, ada beberapa gigi geraham yang mau tumbuh sih iya merah-merah gusinya. Semoga GTM kali ini fase tumbuh gigi. Amiin..

Ryu 16 bulan : 8 gigi seri, 4 gigi geraham, 4 gigi geraham yang mau tumbuh lagi (total atas bawah)

Menu GTM Ryu:
  • Hanya mau makan nasi putih atau bakmi goreng, makan sendiri enggak mau disuapin
  • Sayur-sayuran semula  suka dilahapnya, sekarang menjadi pajangan di meja makan
  • Suka makan puding roti, aku pilih gandum kaya serat, dengan topping buah
  • Lauk ikan, telur, belut, hati, daging hanya mau segigit, di hisap dimuntahkan, dan bahkan enggak mau makan
  • Lauk tahu, tempe, bakwan, omelet sayur ikan pun hanya dilihat dan dipegang
  • Buah-buahan pisang, pepaya semula suka menjadi enggak suka hanya beberapa gigitan,  mau makan buah naga, pear, jeruk dengan lahap
Intensitas pup pun seperti biasa tetapi lebih sedikit dari biasanya, beratnya sedikit susut pastinyalah, tapi aku booster dengan ASIP 1-2botol dan susu UHT 1-2 gelas @120ml

Semoga nafsu makan Ryu kembali dan makan dengan lahap lagi ya nak... 
Ibu rindu kamu makan masakan ibu dengan lahap, ibu bangga sama kamu, tetep sehat ya nak... *muaach love you Ryu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar