Selasa, 12 November 2013

Tantrum The Terrible Two

Halohaa.. welcome Tantrum the terrible two. Setiap orang tua pasti menghadapi sikap ungkapan kemarahan, kekesalan pada anak kecil, menangis meraung-raung meminta sesuatu. Dari sumber yang aku baca biasanya dialami oleh anak usia 18 bulan sampai 3 tahun. 

Tingkah laku yang umum ditunjukkan saat tantrum yang terjadi pada Ryu, berteriak, menangis, memukul, melempar mainan, mengeraskan tangan dan kaki, kadang geregeten dengan apa yang ada didekatnya, menendang, menekuk tubuh ke belakang, menjatuhkan tubuh ke lantai, dan berlari.

Contoh kecil di keseharian Ryu, suka banget dibukakan kulkas, duduk didepan kulkas menikmati sensasi dingin  sambil minum susu uht/mik emo, dan bisa juga minta di ambilkan keju. Ya Ryu suka sekali keju, aku pernah melarangnya ternyata nangis kejer, teriak, melempar mainan dan berlari menjatuhkan ke sofa sambil menggigit sandaran tangan sofa. Huufh.. aku memberi jeda beberapa detik, begitu Ryu selesai melakukan kekesalannya. Dan aku pangku, peluk Ryu sambil berkata :  

"Ryuu... masih pagi makan keju sedikit aja ya nak, kan belum maem, belum keisi perutnya, nanti kalau sakit perut gimana? Ibu lagi masakin dek Ryu, sarapan dulu ya nak, nanti baru maem keju, Ini juga mainan Ryu kalau dibanting sakit nangis, kesakitan lo dek.. kalau rusak yang sedih siapa coba? dek Ryu kan gak bisa mainan lagi"

"Wooooo angiiiss........ eluk / woo. nangis, peluk Terlihat wajah menyesal.

"Iya dipeluk mainannya, minum air putih, yuk sekarang duduk ibu puterin elmo terus ibu ambilin sarapan ya nak"

Pernah suatu hari aku hanya berdua dengan Ryu, entah Ryu minta apa aku kurang paham waktu itu, sedangkan bicaranya Ryu masih belum jelas, Yah tingkah polah tak terkendali itu yang membuatku bingung. sempet membuatku nangis, tapi tidak dihadapan Ryu pastinya,

Hal-hal yang aku perbuat bila Ryu ber tempera tantrum isasi :
1. Bertanya apa yang di inginkan.
2. Memeluk, menciumi menatap kedua matanya
3. Memberi jeda beberapa detik menuruti keinginan dari rengekan 
4. Menggendong, membawa ke wastafel/kamar mandi membasuh wajah dan tanganya
5. Berbicara dari hati ke hati kata-kata positif dengan Ryu
6. Memberi minum air putih, atau menawarin minum ASI. Tapi ini yang membuatku dilema, sedih kalau     harus  menulis posting berikutnya "WEANING WITH LOVE"

Ibu sayang Ryu, You're my  life, my moon, my stars, my sun shine bright in my life. Semoga Ibu mendidikmu dengan sabar ya nak.

1 komentar:

  1. Salam kenal, kami Keluarga Biru dari Malang.
    Tadi saya baru saja membaca blog tentang terrible two, kebetulan anak kami bulan ini genap dua tahun dan mulai menunjukkan perilaku yang mengarah ke sana. Ingin menuliskannya namun saya ingin cari referensi dari sharing keluarga yang lain, termasuk di blog ini. Makasih atas sharingnya, semoga kami bisa melewati masa terrible two ini dengan baik, aamiin.

    BalasHapus